Mengenal Istilah Kata Dalam Dunia Mancing

Essenkilogebrus.com ~ Para pecinta mancing tentu sudah biasa, mengerti dan banyak mendengar intilah kata dalam kegiatan memancing. Namun untuk para pemancing pemula tentu mendengar kata seperti boncos atau ngoncer sangat aneh dan tidak mengerti apa maksudnya istilah seperti itu. Nah disini kami akan memberikan informasi pembahasan Mengenal Istilah Kata Dalam Dunia Memancing ini sangat perlu dipahami untuk para pemula yang baru terjun ke aktifitas mancing.

Pasti nantinya orang yang sudah dulu menyukai mancing yang mana di dalam percakapan seputar mancing ikan ini banyak sekali istilah yang belum kita dengar. Berikut ini adalah istilah-istilah umum dalam dunia memancing yang telah kami rangkum setidaknya 40 istilah mancing yang sering digunakan para pemancing di indonesia apa saja kah itu ? simak selengkapnya di bawah ini : :

Mengenal Istilah Kata Dalam Dunia Mancing Yang Perlu Diketahui

  1. Angler : Pemancing, atau orang yang memancing.
  2. Boncos : Istilah mancing untuk para pemancing ikan yang pada saat memancing tidak mendapatkan ikan sama sekali.
  3. Casting : Teknik memancing dengan cara umpan/lure dilempar sejauh mungkin, kemudian reel digulung dengan cepat. Memancing ini harus dilakukan terus menerus sampai ikan menyambar.
  4. Chumming : Yaitu memberikan perangsang pada ikan dengan cara melempar-lempar umpan atau mengebom, supaya ikan tertarik untuk mendekat.
  5. Drag : Rem pada reel penggulung spinning, baitcasting.
  6. Entul : Ujung joran yang sangat lentur. Biasanya entuk dioasang pada joran jenis tegeg.
  7. Fresh Water : Istilah yang digunakan para pemancing untuk mancing diair tawar.
  8. Garong : Memancing ini sangat popular dengan sebutan “ngegarong” karna menggunakan sejenis mata kail yang bermata 6(enam) berbentuk seperti matahari yang disebut pancing “GARONG”.
  9. Galatama : Galatama diambil dari istilah pertandingan liga sepakbola di indonesia pada jaman dulu yang intinya adalah perlombaan yang memperebutkan juara peringkat. Jadi mancing Galatama yaitu mancing dengan target menjadi Juara dalam pertandingan memancing.
  10. Gaplean : Permainan mancing ini mirip seperti Kilo Gebrus hanya disini ada urusan taruhannya. Biasanya berupa uang untuk hasil pancingan tersebut
  11. Hand Line : Memancing tanpa menggunakan joran dan reel alias langsung pake tangan, namun tetap memakai line, timah dan mata kail.
  12. Hook : Mata kail dengan ukuran dan berbagai macam – macam bentuknya.
  13. Jigging : Mancing teknik ini sebagai salah satu teknik mancing bukanlah sesuatu teknik yang baru muncul.
  14. Jighead : Mata kail yang dilengkapi dengan bandul timah di ujung kepalanya, mata kail ini biasanya khusus untuk lure softplastik dan worm.
  15. Kili–Kili (Swivel) : Alat untuk Penyambung antara line utama dan rangkaian mata kail yang bisa berputar,dengan ukuran dan bentuknya yang bermacam macam.
  16. Lure : Umpan buatan yang berbentuk mainan ikan-ikanan biasanya digunakan dalam teknik Casting, Popping, Jigging dll.
  17. Live Bait : Adalah umpan hidup biasanya seperti udang, kodok,cacing,serangga, ataupun cumi – cumi yg masih hidup.
  18. Lobang atau Gopak : Teknik memancing khusus untuk mancing ikan Nila/Mujair babon. Dengan mencari sarang atau lubang dari ikan Nila/Mujair babon yg berbetuk cekungan wajan.
  19. Mancing Dasaran (bottom) : Istilah Mancing ini berarti teknik mancing yang menggunakan pemberat atau timah yang diikatkan di ujung rangkaian mata kail pancing, spot nya bisa di danau,muara,kolam,kali dan laut.
  20. Mancing Harian : Istilah Mancing yang berarti kegiatan memancing satu hari penuh dengan membayar uang sewa dikolam dan ditambak.
  21. Mancing Kiloan : Istilah Mancing ini berarti mancing dengan sistem memancing terlebih dahulu lalu ditimbang perolehan ikan yg terpancing dan membayar sebesar apa yang diperolehnya berdasarkan satuan KILOGRAM. Jenis ikan yang di pancing biasanya seperti Nila/Mujaer, Tombro/Ikan mas, Bandeng, Bawal, Patin dll.
  22. Mancing Kilo Gebrus : Memancing ini biasanya khas Jawa Barat mulai dari depok, bogor, cianjur, sukabumi sampai subang, garut dan tasik. Sistemnya adalah pemancing di tentukan menurunkan beberapa kilo ikan kedalam kolam baru dan ini dilakukan oleh para pemancing.
  23. Mancing Borongan : Mancing dengan sistem memborong satu kolam atau tambak. Biasanya di lakukan tawar menawar terlebih dahulu antara pemancing dan pemilik kolam atau tambak. Lalu ikan bisa di pancing sepuasnya satu harian. Atau bahkan bila perlu di kuras airnya dan dijaring.
  24. Mocel : Istilah mancing pada saat strike atau hook up dan ikan tersebut lepas ke air lagi.
  25. Ngomset : Istilah Mancing yang berarti sukses mendapat ikan banyak kadang pula juara dalam mancing.
  26. Ngetrik : Pelampung tersebut bergoyang seperti mesin jahit ketika umpan di makan ikan.
  27. Ngotrek : Istilah mancing ikan untuk umpan memancing itu sendiri. Biasanya rangkaian ngotrek itu terdiri dari beberapa matakail kecil yg berderet – deret atau berurutan.
  28. Ngoncer : Memancing dipermukaan atau setengah air dengan menggunakan ikan hidup (live bait) sebagai umpan ataupun umpan mati .
  29. Nganyut : Mancing “slow trolling” yang membuat kita dapat memancing diarea yang lebih luas dari pada dengan kapal berjangkar.
  30. Ngoyor : Memancing dengan setengah badan dan berendam didalam air.
  31. Popping : Teknik mancing Popping ini pada dasarnya termasuk dalam kelompok Casting. Tetapi teknik Popping menggunakan joran yang cukup panjang, antara 180 sampai 210 cm dan terdiri dari 2 pieces yang disambung.
  32. Rumpon : Sebuah karang buatan yang dibuat manusia dan karang tersebut terbuat dari kayu, ban bekas, cor2an semen, bekas kapal dll yg sengaja ditenggelamkan. Rumpon tersebut berfungsi sebagai tempat bersarang dan berkumpulnya ikan.
  33. Rigging : Rangkain mata kail pada umpan.
  34. Salt Water : Istilah yang digunakan para pemancing untuk mancing dilaut.
  35. Spool : Tempat untuk menggulung senar atau nylon yang terdapat pada di reel .
  36. Spot : Istilah keren untuk lokasi tempat mancing yang banyak ikannya.
  37. Strike : Tanda ikan terkail sehingga si pemancing langsung menghentakkan joran.
  38. Tegeg : Salah satu jenis joran antena yang tidak memiliki ring guide. Panjang joran tegeg dapat mencapai lebih dari 10m.
  39. Trolling : Memancing yang harus menggunakan reel khusus (Over Head) yang cukup kuat dengan joran khusus yang umumnya hanya terdiri dari 1 batang dan harus ditarik kapal dengan kecepatan 5-7 knot.
  40. Zonk : Kata zonk sangat populer di indonesia sejak digunakan disalah satu acara tv. Pada acara tersebut zonk artinya mendapatkan hadiah yang tidak diinginkan atau tidak mendapat hadiah. Nah dalam memancing, istilah zonk digunakan jika seseorang sama sekali tidak mendapat ikan atau hanya mendapat ikan sedikit.

Nah itulah ke – 40 istilah dalam dunia memancing yang terkadang kita tidak tahu apa artinya. Bagaimana ? apakah temen-temen sudah hafal semua tentang istilah-istilah tersebut ? Pastinya sulit kalo langsung hafal semua ya hhi.

Untuk para master mancing, para suhu dan sobat mancing mungkin bisa mengkoreksi atau menambahkan istilah – istilah mancing yang belum ada, sehingga kita semua bisa menambah wawasan pengetahuan di dunia memancing. Terimakasih atas kunjungannya. Semoga artikel ini bermanfaat. Salam STRIKE MANIA. MANTAP..!!

advertisement : 

Mengenal Istilah Kata Dalam Dunia Mancing | Essen Kilo Gebrus

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Awas, Jangan Nyontek. Pikir Sendiri !!