Cara Mudah Mengikat Mata Kail Pancing

Share Info ~ Banyak sekali para pemancing pemula yang baru belajar atau kurang ilmu dalam dunia memancing kesulitan dalam mengikat mata kail. Sebelum memancing tentunya kita harus mengetahui cara mengikat tali atau kenur ke mata pancing. Memang terlihat sepele, namun sebenarnya sangat vital untuk diketahuin atau dipahami. Karena tidak semua ikatan mata kail diikat dengan betul dan dapat digunakan.

Apabila kita tidak memahaminya dengan benar, ada kemungkinan kita bisa kehilangan ikan tangkapan pada saat tarik menarik, karena ikan bisa lepas akibat mata pancing tidak terikan dengan baik. Jadi pada edisi kali ini kami akan memberikan tips bagaimana Cara Mudah Mengikat Mata Kail Pancing yang baik dan benar.

Baca Juga : Resep Rahasia Umpan Ikan Mas Super Mantap

Tentu pemancing-pemancing di luar sana sudah tahu kaedah atau cara ikat mata kail. Mata pancing memiliki ukuran yang relatif kecil dan terlebih lagi mata pancing untuk ikan air tawar, sehingga cukup sulit untuk mengikatnya, oleh karena itu ada baiknya kita pelajari beberapa simpul untuk mengikat tali yang baik dan benar.

Tips Cara Mudah Mengikat Mata Kail Pancing Dengan Benar

1. Simpul Berpagut

Bisanya simpul berpagut ini paling banyak digunakan dan sudah poluler karena mudah dibuat, mudah diingat dan berdaya tahan tinggi. Gunakan simpul berpagut sebagai simpul pancing Anda sehari-hari. Cara mengikatnya yaitu simak di bawah ini :

  • Masukkan kenur pancing. Ikat ujungnya melewati mata kail.
  • Kencangkan ikatan. Kencangkan ujung simpul dengan melibat sekeliling kenur pancing (sampai ke lubang kail) sebanyak empat atau lima kali.
  • Buat simpulnya. Masukkan ujung kenur melewati libatan yang telah dibuat di tahap satu.
  • Kencangkan simpul berpagut dengan menyelipkan kenur pancing melewati libatan yang telah dibuat dan tarik kuat-kuat. Ini namanya “menguatkan sampul berpagut.”
  • Tarik yang kencang. Sedikit kelembapan akan sangat membantu di sini. Kulum dan basahi dengan mulut Anda untuk memberi sedikit daya pelumas.
  • Potong kelebihan kenur di atas simpul. Sisakan sekitar 0,3cm saja.

Baca Juga : Cara Membuat Umpan Ikan Mas Galatama Babon

2. Simpul Pitzen

Simpul Pitzen atau dikenal juga dengan sebutan Tekukan Eugene atau Simpul 16-20, dikenal mampu menahan sampai 95% daya putus kenur pancing. Tekniknya agak sulit, namun patut dipelajari. Cara mengikatnya yaitu simak di bawah ini :

  • Masukkan kenur pancing. Ikat ujungnya melewati mata kail.
  • Libat ujung kenur melewati bagian bawah vertikal benang.
  • Gunakan jari telunjuk sebagai titik pemberhetian, lalu kaitkan kenur mengelilingi jari tersebut.
  • Libat kenur itu sekeliling bentangan paralel sebanyak empat kali.
  • Selipkan ujung kenur melewati libatan kecil yang dibuat dengan jari Anda.
  • Kencangkan simpul dengan menyelipkan ke bagian bawah mata kail. Lakukan ini dengan jari Anda, bukan dengan menarik kenur yang berdiri vertikal.

Nah itulah tips Cara Mudah Mengikat Mata Kail Pancing yang baik dan benar. Tentunya dijamin kenur tak akan putus dari kail saat ikan tersentak. Untuk itu selalu perhatikan cara mengikat kail yang benar dan jangan asal – asalan agar hasil pancinganpun memuaskan. Terimakasih atas kunjunagnnya. Semoga artikel ini bermanfaat untik anda para pecinta mancing. Salam STRIKE MANIA. MANTAP..!!

advertisement : 

Cara Mudah Mengikat Mata Kail Pancing

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Awas, Jangan Nyontek. Pikir Sendiri !!