Cara Mancing Ikan Nila Badot

Hay sobat pecinta mancing, selamat datang kembali di situs website resmi kami www.essenkilogebrus.com yang selalu menyajikan berbagai informasi seputar dunia mancing. Nah pada edisi kali ini kami akan memberikan tips bagaimana Cara Mancing Ikan Nila Badot yang benar dan tepat tentunya dengan racikan umpan jitu yang akan menambah keampuhan dalam mendapatkan hasil pancingan yang memuaskan.

Lain halnya saat kita ingin memancing ikan nila yang berukuran besar. Nila yang berukuran besar biasanya disebut dengan ikan nila badot. Ikan nila badot merupakan ikan nila yang bobotnya mencapai 5 kg lebih. Cara memancing ikan nila badot ini tentunya berbeda dengan cara memancing ikan nila biasa, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. Untuk bisa menaklukkan ikan ini diperlukan teknik khusus. Langsung saja berikut trik atau cara memancing ikan nila badot di bawah ini.

Tips Cara Mancing Ikan Nila Badot Yang Benar dan Tepat

1. Cek Lokasi Terlebih Dulu Sebelum Memulai Mancing

Mungkin di beberapa kolam pemacningan disediakan lokasi spesifik untuk memancing ikan nila badot. Tapi, jika anda memutuskan untuk memancing di alam bebas, seperti di danau, sungai ataupun waduk maka carikah sumber air yang tak pernah surut selama satu tahun. Lokasi seperti itu biasanya dijadikan habitat ikan nila termasuk ikan nila badot.

2. Pilihlah Umpan Jitu dan Mantap

Dalam menentukan pilihkan umpan jitu dan mantap. Sobat bisa pakai umpan sederhana yang tersedia di habitat hidup ikan nila, biasanya di sekitar lingkungan hidupnya tersedia tumbuhan atau binatang yang menjadi makanannya dalam jumlah yang banyak, yaitu seperti kangkung, lumut, rumput-rumputan, lembayung, padi muda, cacing, telur semut, telur tawon, laron, belalang, ulat batu, ulat bambu, ulat pisang, udang air tawar dll. Setelah mendapatkan umpan yang pas, nan perlu diperhatikan ialah ukuran umpan yang disediakan. Karena yang akan ditangkap ialah nila berukuran jumbo, maka gunakan umpan dalam ukuran besar.

3. Teknik / Cara Memancing Ikan Nila Badot

Jika umpan biasa yang digunakan dari hewan kecil seperti tawon, udang air tawar, dan ulat bambu, maka tak ada kesulitan buat memancingnya. Namun, jika umpan yang digunakan adalah tumbuh-tumbuhan seperti kangkung atau lumut, diperlukan teknik spesifik untuk bisa memancing nila badot dengan tepat. Jika memakai umpan tumbuhan usahakan terlebih dahulu membuat rumpon buatan terlebih dulu caranya yaitu :

  1. Jika umpan memakai tumbuhan kangkung, maka ikat tiga – lima tangkai dengan tali/senur, panjang tali lebih panjang dari kedalaman air.
  2. Lalu ujung lainnya beri pemberat lalu lemparkan ke lokasi yang gak terlalu kuat arusnya, sehingga kangkung akan mengambang.
  3. Jika lokasinya tepat dalam hitungan menit ikan akan langsung memakan rumpon, hal itu terlihat dari bergeraknya rumpon secara tidak teratur karena dimakan ikan.
  4. Kemudian pasang daun kangkung yang masih muda pada kail (ukuran 5, 6 at. 7) usahakan kail terpasang di gagang daun agar tidak mudah lepas.
  5. Tepatkan osisi kail dari pelampung kira-kira lebih dalam dari rumpon, ikan biasanya akan langsung strike jadi joran harus selalu dipegang agar tidak dibawa kabur ikan.
  6. Jika umpan memakai lumut pakailah teknik yang sudah banyak ditulis para pakar mancing ikan nila, sudah terbukti efektif hanya saja ada pengganggu jika pakai lumut yaitu ikan bethok, wader, sepat dan ikan sapu-sapu.

Baca Juga :

Demikian sedikit penjelasan dari kami mengenai Cara Mancing Ikan Nila Badot yang bisa sobat terapkan dan mencoba caranya untuk mendapatkan ikan badot dengan hasil yang memuaskan. Semua tips diatas bisa Anda kreasikan sendiri sesuai dengan kondisi dan lokasi tempat memancing Anda.

Cara Mancing Ikan Nila Badot Dengan Tepat

 

Daftar Pencarian :

  • mancing nila badot
  • trik mancing nila badot di bendungan
  • umpan jitu nila badot
  • ikan nila badot
  • mancing nila waduk
  • umpan nila badot
  • umpan nila badot danau

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Awas, Jangan Nyontek. Pikir Sendiri !!